Menciptakan startup yang sukses diperlukan tiga hal
berikut, yaitu konsumen menyukai produk, akuisisi pelanggan, monetisasi
yang berhasil. Jika ketiga hal tersebut di lakukan dengan baik, besar
kemungkinannya startup akan memiliki potensi serta pemasukan untuk
jangka panjang. Namun demikian saat ini masih banyak startup yang kerap
melakukan kesalahan, dalam hal perhitungan skala yang prematur.
Sebagian besar para pendiri startup memiliki semangat yang tinggi
tentang ide bisnis mereka, namun tidak memiliki pengalaman yang cukup
banyak untuk mewujudkan produk yang baik. Para pendiri startup juga
tidak bisa mengukur dan meningkatkan product market fit.
Di tips DailySocial kali ini, Founder Seeking Alpha David Jackson mengupas secara detil kesalahan yang wajib dihindari oleh startup.
Tidak memvalidasi hipotesis product market fit
Tuliskan hipotesis product market fit anda hingga mengerucut
kepada kesimpulan akhir, di antaranya adalah target pasar yang dibidik
dan siapa yang mengambil keputusan pada saat pembayaran, apa masalah
terbesar yang dihadapi konsumen, apa yang membuat produk startup anda
unik di mata para konsumen, dan berapa jumlah uang konsumen rela
membayar.
Perhatikan pula bagaimana produk anda bisa tampil lebih baik dari para pemain lainnya.
Tidak menentukan metrik yang jelas
Untuk mengetahui apakah produk yang dibuat disukai oleh konsumen bisa menggunakan survey ke konsumen ,
namun demikian cara yang tepat untuk mengetahui apakah produk yang
dibuat tersebut disukai oleh konsumen atau tidak adalah dengan melihat user engagement terhadap produk yang dibuat hingga perputaran (churn) yang terjadi.
Hindari penggalangan dana dalam jumlah besar
Yang perlu diingat adalah jumlah uang yang besar bukanlah jaminan nantinya akan menemukan product-market-fit.
Penggalangan dana dalam jumlah yang besar pada tahap awal nantinya
hanya akan menjadi beban pendiri startup kepada para investor.
Tidak memiliki visi dan misi yang sama dengan investor
Buatlah metrik produk (NPS average, engagment per user dan
lainnya) sebagai kunci KPI. Secara rutin informasikan KPI kepada
investor. Pendiri harus sepakat untuk tidak melakukan rencana penambahan
pegawai dan targetkan burn rate usai memvalidasi product market fit.
Ketika produk sudah siap untuk dipasarkan hindari untuk melakukan
penjualan atau pemasaran pada tahap awal. Pastikan terlebih dahulu
berapa jumlah pengguna atau konsumen untuk melakukan validasi product-market-fit
dan tentukan budget atau pengeluaran yang disesuaikan dengan target
pasar. Hindari pula mempekerjakan banyak karyawan saat tahap awal,
Intinya adalah tim dengan jumlah yang kecil biasanya bisa melakukan
kolaborasi dengan baik dalam hal perkembangan produk.
sumber : http://dailysocial.id
0 Komentar:
Posting Komentar